Kamis, 14 Oktober 2010

About Merawat RambuT KeRiting

Gambarna tak sesuai..haha gagp2 yg penting cakep

Merawat rambut keriting ikal memang susah-susah gampang, dan berikut ini delapan tips merawat rambut curly yang diperoleh dari Sophia Panych, salah seorang kontributor penulis di Allure Magazines.

Layer atas
"Rambut curly tampak bagus jika dibiarkan tergerai sebatas bahu dengan beberapa potongan layer mulai dari dagu dan sudut bawah di sekeliling kepala, ini agar rambut tampak tidak terlalu berat atau persegi" ungkap Garren, hairstylist dari salon Garren New York.
Tapi hati-hati membuat layer pada rambut ikal, karena layer yang terlalu pendek bisa membuat rambut terlihat "poufy" jelas Chris McMillan, seorang hairstylist di salon Los Angeles.



Pendek, no way!

Untuk memotong rambut keriting agar terlihat bagus, gunting rambut sepanjang dua atau tiga inci dari ujung rambut. Pastikan potongan rambut tidak terlalu pendek dan mengikuti bentuk kepala," jelas Garren. Hindari juga pisau cukur saat memotong rambut karena dapat merusak kutikula dan memperburuk tatanan rambut keriting.

Shampoo khusus
Mencuci rambut keriting sebaiknya menggunakan shampoo khusus yang mengandung moisturizing dengan bahan-bahan seperti shea butter, palm oil, avocado oil, atau shampoo dengan campuran lidah buaya dan wheat protein yang membantu membentuk rambut tampak lebih ikal dan gampang diatur.

Rambut kuat dengan keratin
Seminggu sekali gunakan masker rambut yang mengandung keratin. Setelah rambut dicuci, oleskan masker keratin dan biarkan selama sepuluh menit. Pelembab yang terkandung di dalam masker keratin ini akan meresap ke dalam kutikula rambut dan mencegah rambut keriting terlihat kering. Kandungan keratin yang terserap ke dalam kutikula dapat memperkuat rambut dan mencegah kerusakan.

Menjaga kutikula
Agar rambut terawat sampai ke akarnya (kutikula), setiap tiga bulan sekali gunakan anti-frizz cream. Cara memakainya, ambil sedikit krim di tangan dan oleskan perlahan ke seluruh permukaan rambut Anda yang masih basah, dari pangkal hingga ujung rambut. Untuk mendapatkan rambut keriting yang halus, cobalah produk water-based smoothing, misal Moroccanoil Light. Sedang untuk mendapatkan tekstur rambut keriting yang lebih tebal, pilihlah yang mengandung silikon, misal Dove Damage Therapy Frizz Control Taming Cream.

"Blow" rambut dengan benar
Mengeringkan rambut secara brutal dengan hair dryer dapat merusak rambut dan membuat rambut keriting tampak kering. Itu sebabnya McMillan menyarankan, saat mem-blow dan menata rambut keriting, sebaiknya dilakukan dengan bantuan tangan agar paparan suhu panas hair dyrer tidak terlalu dekat dan bersentuhan dengan permukaan rambut.

Gunakan conditioner

Disarankan, saat keramas, bilaslah rambut sampai benar-benar bersih dari sisa-sisa shampoo. Jangan lupa setelah selesai keramas, gunakan conditioner untuk melembabkan rambut. Oleskan conditioner yang menempel di sesela jari dan usapkan ke permukaan rambut . lakukan selama 10-30 detik agar rambut terlihat tebal dan ikal mengkilat. "Ingat, semakin Anda rajin menjaga kelembaban rambut, maka semakin kecil kemungkinan rambut Anda akan mengalami kering dan pecah-pecah," ungkap Garren.

"Curling Iron" seperlunya
Dua senjata instan saat Anda diburu waktu dan ingin tampil "curly" adalah curling iron. Curling Iron serupa besi panas berukuran satu inci ini memang bisa menyempurnakan tatanan rambut Anda yang ingin dibuat tampak "curly". Namun, perlu diingat, jangan terlalu lama "membungkus" rambut dengan curling iron, karena bisa merusak kelembapan rambut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar